Seni Media (bagian 2)*: Bentuk Karya Seni Media Oleh Hafiz Rancajale**

Apa Saja Bentuk Karya Seni Media

A.Seni Media Berbasis Waktu (Time Based Arts)

Salah satu ciri utama dari karya-karya seni media adalah seni berbasis waktu. Karya seni berbasis waktu ini memerlukan durasi tertentu untuk menikmatinya. Waktu atau durasi menjadi unsur pokok bahasa estetikanya. Setiap karya berbasis waktu mendorong keterlibatan penonton untuk menikmati karya dimaksud dengan durasi tertentu, bahkan tidak terbatas (looping). Karya-karya seni media yang berbasis waktu meliputi: (1) seni video (video art); (2) seni film eksperimental (seluloid/video); (3) animasi dan pop-motion art; (4) seni bebunyian (sound art); (5) seni performans (performance art); (6) seni multimedia performance; dan lain-lain.

B .  Seni Media Berbasis Teknologi (Analog dan Digital)

Teknologi merupakan medium dasar dalam karya seni media. Sejak lahirnya, seni media berbasis teknologi selalu mengikuti perkembangan teknologi yang dipakai dalam berbagai kemungkinan dahasa dalam seni, dari penggunaan teknologi media, teknologi informasi, teknologi digital dan berbagai kemungkinan lainnya. Seni media yang berbasis teknologi ini meliputi: (1) seni kinetic (kinetic art); (2) seni video (video art); (3) seni film eksperimental; (4) seni fotografi; (5 ) seni internet (internet art/webart); (6) seni pixel (pixel art); (7)  seni digital (digital art); (8) biotech art; (9) seni computer (computer art); (10) seni elektronik (electronic art); (11) seni multimedia; (12) robotic art; (13) seni interaktif (interactive art); dan lain-lain

C. Seni Media Berbasis Media Massa Cetak, Elektronik, dan Media Sosial

Fenomena perkembangan media massa perupakan cikal bakal yan melahirkan  seni media. Seni media lahir dari kritik kehadiran dan dominasi informasi oleh industry media massa. Dalam perkembangan seni video, dengan kemudahan akses peralatan produksi media elektronik seperti kamera video, Sony Portapak di tahun 60-an, maka lahirlah seni video sebagi respons kritik terhadap boom  televisi di Amerika Serikat dan Eropa. Selain penggunaan teknologi video, karya-karya seni berbasis media massa juga menggunakan media cetak, seperti buku sebagai medium ekspresinya. Sejak ditemukannya mesin cetak, persebaran informasi menjadi lebih cepat. Teknologi mesin cetak menjadi salah satu teknologi penting yang memberikan pengaruh bagi percepatan pembentukan persepsi dan perspektif masyarakat. Pada perkembangan terakhir, para seniman juga menggunakan media sosial sebagai bagian dari ekspresi seni. Seni media berbasis media massa cetak, elektronik, dan media sosial meliputi: (1) seni internet (internet art/webart); (2) seni komik (cetak dan digital); (3) seni buku (book art); (4) seni video berbasis distribusi offline maupun onlone yang menggunakan sistem penyiaran televisi; (5) seni bebunyian berbasis distrubusi offline maupun online; (6) seni yang menggunakan media social seperti facebook, instagram, twitter, youtube; dan lain lain.

D. Seni Media Berbasis Proyek Seni dan Desain Sosial (Social Design)

Dalam sepuluh tahun terakhir, muncul beragam fenomena proyek seni yang melibatkan partisipasi masyarakat dengan menggunakan beragam medium teknologi media dan teknologi tepat guna yang terbuka sebagai alat perubahan sosial (social change). Seni berbasis proyek ini meliputi kerja-kerja multi dan lintas pengetahuan yang membicarakan persoalan sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang terjadi di masyarakat. Karya-karya yang dihasilkan dalam proyek-proyek seni ini dapat berupa video, fotografi, buku, happening art, dan berbagai aktifitas kritis yang terkait dengan persoalan-persoalan sosial serta selalu melibatkan partisipasi masyarakat sebagai bagian dari bahasa seninya.

*Tulisan bersambung, diambil dari materi Sosialisasi Seni Media, Direktorat Kesenian Kemendikbud di Rumah Budaya Siku Keluang Pekanbaru, tanggal 23 Mei 2017

** Penulis adalah kurator Pekan Seni Media 2017 di Pekanbaru, pendiri Ruang Rupa dan Forum Lenteng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s