Marhaban Yaa… New Media Art

Di akhir Ramadhan 1438 tahun ini, marak beredar postingan publikasi di media sosial bertajuk Pekan Seni Media. Postingan itu berisi informasi mengenai gelar karya seni media yang akan diselenggarakan pada 9-14 Juli 2017 di kota Pekanbaru-Riau. Pekan Seni Media dalam logika awam dapat berarti “helat seni media selama sepekan”. Namun tentu pemahaman Seni Media juga sangat awam bagi publik di Pekanbaru/Riau.

Seni Media atau di luar negeri dikenal dengan istilah New Media Art lekat dengan eksplorasi atau eksperimen terhadap teknologi. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi komunikasi dan informasi. Seni media memanfaatkan pengkembangan kecanggihan media seperti kecanggihan komputer, televisi, kamera dan lain sebagainya. Media teknologi tersebut dijadikan sebagai media untuk menuturkan ide/konsep artistik senimannya.

Awalnya seni media menjadi ruang percobaan bagi seniman-seniman seni rupa. Namun dalam perkembangannya,  batasan dalam karya-karya seni media menjadi fleksibel. Keterbukaan terhadap kemungkinan eksplorasi artistik membuka keleluasaan terhadap terjadinya kolaborasi lintas seni. Namun dalam perkembangannya, seni media tidak hanya terbatas pada karya yang bersifat fisik, namun juga non fisik.

Apa saja kategori karya seni media? Terdapat 4 kategori besar berdasarkan basis ekspresi artistik dan  medianya. Kategori tersebut, antara lain: Seni Media Berbasis Waktu, Seni Media Berbasis Teknologi, Seni Media Berbasis, Media Massa (Cetak, Elektronik, dan Media Sosial), Seni Media Berbasis Proyek Seni dan Desain Sosial.

Dalam rangka peluncuran Blog Perisa Seni, tim redaksi Perisa Seni akan membuat liputan khusus bertajuk “Spesial Pekan Seni Media”. Edisi spesial ini akan berisi seputar penyelenggaraan Pekan Seni Media 2017, baik sejarah perkembangan seni media, ide/gagasan, kategori karya seni media, bagaimana cara mengapresiasi seni media, mengenal tokoh/pelaku seni media, dan lainnya.

Akhirnya, masih dalam suasana lebaran, semoga postingan ini dan seterusnya dapat menjadi Perisa dalam diri pembaca. Sekaligus untuk helat Pekan Seni Media 2017, selamat datang di Riau, selamat berkarya.

Perisa Seni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s